Tugas I Manajemen Layanan Sistem Informasi #
SISTEM PELAYANAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DI WATSON
SISTEM PELAYANAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DI WATSON
Watson merupakan salah satu toko komestik
terkemuka di Asia, apalagi di Indonesia.
Watsons merupakan merek kesehatan dan kecantikan yang memimpin dari A.S. Watson
Group. Watson menyediakan layanan teknologi demi memenuhi kebutuhan para
pelanggan. Kini, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk berbelanja di Watson
dengan mendatangi watsonnya langsung, namun kita dapat juga memesan apa yang
kita butuhkan lewat aplikasi resminya. Aplikasi Watson sendiri dapat didownload
di playstore. Setelah kita mempunya aplikasi resmi dari Watson, kita tinggal
registrasi dengan melakukan login terlebih dahulu dan sign up untuk mengisi
data untuk akun kita. Dengan layanan teknologi ini, Watson pastinya mendapatkan
untung yang semakin besar. Cara pemesanannya dengan menggunakan aplikasi Watson
itu sendiri, kita tinggal memilih produk-produk yang kita inginkan untuk
disimpan dikeranjang pemesanan yang tersedia di aplikasi tersebut. Setelah
yakin dengan produk yang kalian pilih, maka kita lakukan checkout dan lakukan
proses pembayaran. Proses ini sama halnya seperti online shop lainnya, kita
bayar melalui via transfer bank. Untuk pengiriman barangnya, Watson bekerja
sama dengan JNE. Selain itu, free ongkir untuk minimun pembelian rp. 50.000
untuk daerah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk ongkos kirim
sendiri, untuk pulau Jawa seharga rp. 9000/kg, Bali,Sumatera,Kalimantan, dan
Sulawesi seharga Rp. 20.000-,. Namun, pengiriman hanya bisa dilakukan pada hari
kerja saja, sehingga sabtu dan minggu tidak bisa. Lalu, ada juga metode COD,
yaitu kita dapat melakukan pembayaran melalui kurir yang mengirim barang kita.
Jadi, kita pada saat checkout kita pilih saja ‘Cash on Delivery method’. Meski
kita menggunakan kartu kredit/debit untuk pembayarannya, Watson tidak menyimpan
informasi tentang kartu kredit/debit tersebut demi keamanan customer.
Kita akan mendapatkan konfirmasi pemesanan
lewat email kita untuk memastikan produk yang kita beli. Untuk pembatalan
order, bisa kita lakukan sebelum proses pembayaran dilakukan. Dan produk yang
kita pesan akan otomatis tercancel apabila selama 24 jam kita tidak melakukan
pembayaran. Lalu, jika pengantaran barang telah dilakukan, barang tidak bisa
dikembalikan atau direturn maupun refund. Produk yang dipesan dengan jumlah
banyak hanya maksimal 12pcs/item jika lebih maka lakukan pemesanan secara
terpisah.
Selain menyediakan layanan online, Watson
tentunya menyediakan kartu member bagi pelanggan setia Watson. Dengan mempunyai
kartu member dan menjadi member Watson tersebut, kita dapat mempunyai
kesempatan untuk mendapatkan diskon, atau point yang disediakan oleh Watson itu
sendiri. Pembuatan ‘member card’ ini dapat dilakukan langsung di Watson
storenya. Sekarang, Watson ada perubahan syarat untuk pembuatan member card.
Jika dulu kita bisa dapatkan member card tersebut apabila kita telah berbelanja
di Watson min Rp. 150000 dan kita dapatkan free member card tersebut. Namun
sekarang, ada perubahan system pada Watson, yaitu dengan berbelanja minimal Rp.
35000 saja kita bisa membuat member card tersebut. Untuk mengaktifkan member
card Watson di online, kita dapat mengunjungi website resminya Watson itu
sendiri, lalu aktifasi kartu member kalian disana. Ikutilah semua prosedur yang
disediakan dan lakukan pengecekan detail informasi diri kalian. Untuk
passwordnya sebanyak 8-20 digits saja panjangnya dan sebaiknya gabungan dari
huruf dan angka. Jika kalian kehilangan member card tersebut maka segeralah
report ‘card loss’ pada ‘My Account’. Dan kartu member ini tidak untuk dibagi
atau dipinjamkan dengan yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar