Jumat, 29 Maret 2019

Tugas I Manajemen Layanan Sistem Informasi #


SISTEM PELAYANAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DI WATSON

Watson merupakan salah satu toko komestik terkemuka  di Asia, apalagi di Indonesia. Watsons merupakan merek kesehatan dan kecantikan yang memimpin dari A.S. Watson Group. Watson menyediakan layanan teknologi demi memenuhi kebutuhan para pelanggan. Kini, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk berbelanja di Watson dengan mendatangi watsonnya langsung, namun kita dapat juga memesan apa yang kita butuhkan lewat aplikasi resminya. Aplikasi Watson sendiri dapat didownload di playstore. Setelah kita mempunya aplikasi resmi dari Watson, kita tinggal registrasi dengan melakukan login terlebih dahulu dan sign up untuk mengisi data untuk akun kita. Dengan layanan teknologi ini, Watson pastinya mendapatkan untung yang semakin besar. Cara pemesanannya dengan menggunakan aplikasi Watson itu sendiri, kita tinggal memilih produk-produk yang kita inginkan untuk disimpan dikeranjang pemesanan yang tersedia di aplikasi tersebut. Setelah yakin dengan produk yang kalian pilih, maka kita lakukan checkout dan lakukan proses pembayaran. Proses ini sama halnya seperti online shop lainnya, kita bayar melalui via transfer bank. Untuk pengiriman barangnya, Watson bekerja sama dengan JNE. Selain itu, free ongkir untuk minimun pembelian rp. 50.000 untuk daerah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk ongkos kirim sendiri, untuk pulau Jawa seharga rp. 9000/kg, Bali,Sumatera,Kalimantan, dan Sulawesi seharga Rp. 20.000-,. Namun, pengiriman hanya bisa dilakukan pada hari kerja saja, sehingga sabtu dan minggu tidak bisa. Lalu, ada juga metode COD, yaitu kita dapat melakukan pembayaran melalui kurir yang mengirim barang kita. Jadi, kita pada saat checkout kita pilih saja ‘Cash on Delivery method’. Meski kita menggunakan kartu kredit/debit untuk pembayarannya, Watson tidak menyimpan informasi tentang kartu kredit/debit tersebut demi keamanan customer.
Kita akan mendapatkan konfirmasi pemesanan lewat email kita untuk memastikan produk yang kita beli. Untuk pembatalan order, bisa kita lakukan sebelum proses pembayaran dilakukan. Dan produk yang kita pesan akan otomatis tercancel apabila selama 24 jam kita tidak melakukan pembayaran. Lalu, jika pengantaran barang telah dilakukan, barang tidak bisa dikembalikan atau direturn maupun refund. Produk yang dipesan dengan jumlah banyak hanya maksimal 12pcs/item jika lebih maka lakukan pemesanan secara terpisah.
Selain menyediakan layanan online, Watson tentunya menyediakan kartu member bagi pelanggan setia Watson. Dengan mempunyai kartu member dan menjadi member Watson tersebut, kita dapat mempunyai kesempatan untuk mendapatkan diskon, atau point yang disediakan oleh Watson itu sendiri. Pembuatan ‘member card’ ini dapat dilakukan langsung di Watson storenya. Sekarang, Watson ada perubahan syarat untuk pembuatan member card. Jika dulu kita bisa dapatkan member card tersebut apabila kita telah berbelanja di Watson min Rp. 150000 dan kita dapatkan free member card tersebut. Namun sekarang, ada perubahan system pada Watson, yaitu dengan berbelanja minimal Rp. 35000 saja kita bisa membuat member card tersebut. Untuk mengaktifkan member card Watson di online, kita dapat mengunjungi website resminya Watson itu sendiri, lalu aktifasi kartu member kalian disana. Ikutilah semua prosedur yang disediakan dan lakukan pengecekan detail informasi diri kalian. Untuk passwordnya sebanyak 8-20 digits saja panjangnya dan sebaiknya gabungan dari huruf dan angka. Jika kalian kehilangan member card tersebut maka segeralah report ‘card loss’ pada ‘My Account’. Dan kartu member ini tidak untuk dibagi atau dipinjamkan dengan yang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar